Apa Itu ISLAM, IMAN dan IHSAN?


Apa itu islam?
Pertanyaan ini pertama kali aku dapat ketika ujian masuk untuk jadi guru di salah satu sekolah islam dijambi 2016 silam. Aku yang notabennya sarjana matematika hanya mempersiapkan materi matematika yang mungkin diujiankan. Tapi nyatanya, agama, ipa, ips, Bahasa Indonesia keluar semua.

Apa itu islam?
Aku pun bingung untuk menjawabnya, ntahlah, tapi disini aku malu dengan diriku
Jadi, dilembar jawaban aku menulis. “Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad untuk menyempurnakan agama-agama sebelumnya”.

Setelah kelar ujian. Aku mulai berpikir kembali apa itu defenisi islam?
Terkadang orang menjawab “islam adalah isya, subuh, luhur, ashar, magrib”
Yang lain jawab “islam adalah agama”
Dari Wikipedia “Islam adalah agama yang mengimani satu Tuhan yaitu Allah" 

Tapi aku mulai mencari apa itu islam
 “ Pada suatu hari kami (Umar Ra dan para sahabat Ra) dudukduduk bersama Rasulullah Saw. Lalu muncul di hadapan kami seorang yang berpakaian putih. Rambutnya hitam sekali dan tidak tampak tanda-tanda bekas perjalanan. Tidak seorangpun dari kami yang mengenalnya. Dia langsung duduk menghadap Rasulullah Saw. Kedua kakinya menghempit kedua kaki Rasulullah, dari kedua telapak tangannya diletakkan di atas paha Rasulullah Saw, seraya berkata, "Ya Muhammad, beritahu aku tentang Islam." Lalu Rasulullah Saw menjawab, "Islam ialah bersyahadat bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah dan Muhammad Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan mengerjakan haji apabila mampu…….." (HR. Muslim)

Jadi,  islam adalah menyakini tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammas SAW adalah benar utusan Allah dan dilanjutkan dengan kewajiban sebagai muslim berupa sholat, zakat, puasa ramadhan dan haji bila mampu.

 Apa itu iman?
Ini adalah pertanyaan kedua setelah apa itu islam
Dilembar jawaban aku tulis “ iman adalah percaya. Mengakui dengan dengan lisan, menyakini dengan hati, dan melakukan dengan perbuatan”
Lagi-lagi aku ragu dengan jawaban aku sendiri
Dan aku mulai mencari lagi

Menyambung hadist sebelumnya “……Kemudian dia bertanya lagi, Kini beritahu aku tentang iman." Rasulullah Saw menjawab, "Beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir dan beriman kepada Qodar baik dan buruknya."

Para imam dan ulama telah mendefinisikan istilah iman ini, antara lain, seperti diucapkan oleh Imam Ali bin Abi Talib: "Iman itu ucapan dengan lidah dan kepercayaan yang benar dengan hati dan perbuatan dengan anggota." Aisyah r.a. berkata: "Iman kepada Allah itu mengakui dengan lisan dan membenarkan dengan hati dan mengerjakan dengan anggota." Imam al-Ghazali menguraikan makna iman: "Pengakuan dengan lidah (lisan) membenarkan pengakuan itu dengan hati dan mengamalkannya dengan rukun-rukun (anggota-anggota)."

Kesimpulannya, Iman adalah  mengakui dengan lisan, menyakini dengan hati dan diapliksikan melalui perbuatan tentang suatu keyakinan kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya,  hari akhir, dan takdir baik maupun takdir buruk

Apa itu ihsan?

“…..Kini beritahu aku tentang ihsan." Rasulullah berkata, "Beribadah kepada Allah seolaholah anda melihat-Nya walaupun anda tidak melihat-Nya, karena sesungguhnya Allah melihat anda” (HR. Muslim) 

Ini hanya sekedar share. Bila ada kesalahan mohon dikoreksi karena saya hanya pembelajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ESSAY SIKAP BELA NEGARA PADA GENERASI MUDA

Essay Pudarnya Pesona Bahasa Indonesia di Kalangan Pemuda Indonesia