tes awal guru penggerak
Dalam aksi nyata, Anda diminta menerapkan pemahaman Anda terkait budaya positif di kelas. Anda menemukan murid Anda di kelas sebagian besar kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran Anda. Berikut ini aktivitas-aktivitas yang mungkin dapat dilakukan:
1) Memberikan penguatan positif atau bujukan kepada murid agar murid yang kurang bersemangat dapat mengikuti setiap aktivitas pembelajaran di kelas dengan baik
2) Mengadakan program rewards untuk murid yang berprestasi
3) Menciptakan Program Kebajikan yang berkaitan dengan semangat belajar murid
4) Pembentukan keyakinan Kelas melalui poster-[oster nilai kebajikan tentang semangat belajar
Berdasarkan aktivitas/program di atas, program aksi nyata mana yang Anda akan pilih agar murid Anda dapat belajar dengan aman dan nyaman?
2) Mengadakan program rewards untuk murid yang berprestasi
3) Menciptakan Program Kebajikan yang berkaitan dengan semangat belajar murid
4) Pembentukan keyakinan Kelas melalui poster-[oster nilai kebajikan tentang semangat belajar
Berdasarkan aktivitas/program di atas, program aksi nyata mana yang Anda akan pilih agar murid Anda dapat belajar dengan aman dan nyaman?
a.
1 dan 3
b.
2 dan 3
c.
1 dan 2
d.
3 dan 4
e.
2 dan 4
Question text
Pada saat kelas Matematika, Ami terlihat sibuk mengobrol dengan Uti dan sama sekali tidak memperhatikan Pak Hadi yang sedang menjelaskan. Kemudian Pak Hadi berkata: “Ami, Uti, ayolah, bagaimana sih kalian. Kemarin kalian sudah janji ke bapak bukan, kenapa mengobrol lagi pada saat bapak sedang menjelaskan? (sambil tertawa ringan). Ya, sudah tidak apa-apa, duduk dulu sana. Nanti Pak Guru bantu. Kamu ini.” (sambil senyum-senyum).
Berdasarkan kasus tersebut, posisi kontrol apa yang diambil oleh Pak Hadi dalam pendekatannya kepada Ami dan Uti?
Berdasarkan kasus tersebut, posisi kontrol apa yang diambil oleh Pak Hadi dalam pendekatannya kepada Ami dan Uti?
a.
Penghukum
b.
Teman
c.
Pemantau
d.
Manajer
e.
Pembuat merasa bersalah
Question text
Ibu Dahlia sebagai Guru Penggerak senantiasa memunculkan gagasan segar dan tepat guna. Ia juga pantang menyerah serta jeli melihat peluang/potensi yang ada di sekitarnya untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran murid.
Berdasarkan apa yang dilakukan oleh Ibu Dahlia, Nilai Guru Penggerak yang dimiliki oleh Ibu Dahlia adalah…
Berdasarkan apa yang dilakukan oleh Ibu Dahlia, Nilai Guru Penggerak yang dimiliki oleh Ibu Dahlia adalah…
a.
Mandiri
b.
Inovatif
c.
Kolaboratif
d.
Berpihak kepada peserta didik
Question text
Pak Sudan mengajar murid kelas 6 sudah sejak tahun 2020, murid-murid di kelas pak Sudan tampak begitu semangat mengikuti pembelajaran. Program pembelajaran yang dilaksanakan oleh pak Sudan sudah menerapkan pembelajaran yang melibatkan seluruh anak aktif mengikuti pembelajaran dan sudah meintegrasikan penumbuhan karakter anak dalam pembelajaran tersebut. Namun pak Sudan belum melihat perkembangan kecerdasan budi pekerti anak yang begitu signifikan, apa yang harus dilakukan oleh pak Sudan agar anak dapat mewujudkan pencapaian kecerdasan budi pekerti anak yang maksimal ..
a.
Mengadakan kegiatan parenting untuk membangun kerjasama dengan orang tua bahwa keluarga merupakan tempat yang penting dalam menumbuhkan kecerdasan budi pekerti anak.
b.
Menyusun budaya sekolah yang menstimulus anak untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan baik sebagai pengembangan kecerdasan budi pekerti bagi anak.
c.
Mengikutsertakan anak dalam program ekstrakurikuler yang dapat menstimulus anak untuk mengembangkan kecerdasan budi pekertinya.
d.
Menugaskan anak untuk mengikuti kegiatan kemasyarakatan di lingkungan masing-masing sesuai dengan kultur sosial budayanya.
e.
Selalu mengingatkan anak pentingnya kecerdasan budi pekerti sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat yang lebih baik.
Question text
Sebagai seorang guru penggerak, Anda berniat membantu sekolah Anda menciptakan sekolah ramah anak. Anda menyusun rencana dalam sebuah urutan langkah perubahan. Anda kemudian berencana untuk menerapkan "inkuiri apresiatif" yang menyeluruh untuk mengetahui hal-hal di sekolah yang dapat mendukung terwujudnya sekolah ramah anak.
Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum beranjak ke langkah berikutnya dalam rencana perubahan yang Anda susun adalah ….
Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum beranjak ke langkah berikutnya dalam rencana perubahan yang Anda susun adalah ….
a.
Mengapa sekolah ramah anak perlu diwujudkan?
b.
Berapa lama program sekolah ramah anak ini akan dijalankan?
c.
Siapa saja yang akan terlibat dalam program sekolah ramah anak ini?
d.
Apa saja kekuatan sekolah saat ini yang dapat membantu mewujudkan sekolah ramah anak?
e.
Apa yang dipahami oleh komunitas sekolah sebagai sekolah ramah anak?
Question text
Anda telah selesai melaksanakan manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif. Ide cemerlang dengan kesuksesan ini tentu haruslah bermanfaat. Apa yang akan Anda lakukan kemudian?
a.
Meminta masukan/kritik dari teman.
b.
Menyusun BAGJA sesuai langkahnya.
c.
Melaporkannya kepada Kepala Sekolah.
d.
Menyusun sebuah refleksi melalui teknik 4P/4F dan mendiseminasikan kepada komunitas.
e.
Membuat dokumentasi hasil Aksi Nyata agar rapi.
Question text
Manakah dari pernyataan berikut yang bukan merupakan komponen utama dalam memfasilitasi:
1. Memberikan langkah-langkah praktis yang memudahkan peserta melakukan sesuatu
2. Memberikan petunjuk yang rumit untuk menyelesaikan masalah atau tugas yang dihadapi
3. Memampukan peserta untuk mengungkapkan pandangan tentang masalah yang mereka hadapi bersama
4. Menyampaikan berbagai konsep secara abstrak dan teoritis
5. Memampukan peserta untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi bersama.
1. Memberikan langkah-langkah praktis yang memudahkan peserta melakukan sesuatu
2. Memberikan petunjuk yang rumit untuk menyelesaikan masalah atau tugas yang dihadapi
3. Memampukan peserta untuk mengungkapkan pandangan tentang masalah yang mereka hadapi bersama
4. Menyampaikan berbagai konsep secara abstrak dan teoritis
5. Memampukan peserta untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi bersama.
a.
1 dan 4
b.
1, 2 dan 3
c.
1 dan 2
d.
2 dan 4
e.
4 dan 5
Question text
Ki Hadjar Dewantara meyakini bahwa proses belajar harus selaras dengan kodrat anak. Pada tiap periode usia anak memiliki kekhususan yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam proses belajar. Pada periode usia Wiraga, jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali. Dengan demikian, mereka harus banyak bergerak (melatih otot kasar/besar), melatih otot halus, mengeksplorasi indera mereka (pendengaran, perasa, pengecap, penciuman, peraba, termasuk imajinasi), dan mengenali simbol-simbol. Apa yang sebaiknya guru lakukan pada periode ini?
a.
Guru menuntun anak untuk melakukan, membiasakan, menginsyafi, hingga akhirnya menyadari mengapa mereka (misalnya) melakukan kebiasaan baik yang mereka lakukan di sekolah, bukan sekedar menuruti/mengikuti suatu aturan/kebiasaan saja.
b.
Guru berupaya fokus pada pemberian akses dan penyediaan pengalaman belajar agar anak makin merdeka dalam mengeksplorasi “dunia”nya (diri, sesama, dan lingkungan di dekatnya).
c.
Guru berupaya mengembangkan seluruh potensi anak, karena pada periode ini jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali.
d.
Guru menuntun dan menantang anak dalam hal pengelolaan diri dan pengenalan potensi dirinya.
Question text
Manakah dari sikap berikut yang harus dihindari oleh fasilitator
1. Tidak diskriminatif
2. Mengarahkan/mengajari
3. Memberikan harapan berlebihan
4. Sabar dan tidak merendahkan orang lain
5. menjadi teladan yang baik
1. Tidak diskriminatif
2. Mengarahkan/mengajari
3. Memberikan harapan berlebihan
4. Sabar dan tidak merendahkan orang lain
5. menjadi teladan yang baik
a.
1 dan 3
b.
3 dan 5
c.
2 dan 4
d.
1 dan 4
e.
2 dan 3
Question text
Proses Inkuiri Apresiatif harus dimulai dengan filosofi dan visi yang berpusat pada kepentingan murid. Dari sana kemudian diturunkan menjadi tujuan-tujuan rinci berupa prakarsa perubahan. Di antara rumusan visi berikut, yang paling tepat dan selaras dengan apa yang dapat dilakukan guru untuk membantu pencapaian murid adalah …
a.
Menjadi guru yang mampu mewujudkan generasi yang memiliki karakter, memiliki prestasi, dan menguasai iptek
b.
Menjadi guru yang mampu menciptakan lulusan bertaraf internasional dengan kualitas diri yang tinggi dalam aspek kepribadian, akademis dan non akademis
c.
Menjadi guru yang mampu menyediakan suasana positif, aman dan membangkitkan minat murid untuk menjadi pemelajar mandiri sepanjang hayat dalam mencapai potensi terbaiknya.
d.
Mengembangkan diri menjadi guru yang mampu mewujudkan insan Indonesia berbudi pekerti luhur, peduli, berbudaya, berwawasan lingkungan, unggul dalam prestasi, serta kompetitif dalam dunia global.
e.
Menjadi guru yang mampu mencetak murid unggul dalam prestasi, berkarakter, berbudaya, peduli lingkungan, berwawasan global yang dilandasi iman dan takwa.
Question text
Menurut KHD Pendidikan anak sejatinya menuntut anak untuk mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zamannya. Maksud dari penyataan tersebut adalah…
a.
Pembelajaran hendaknya mengadopsi kemajuan teknologi dari luar sebagai sebuah tantangan kebutuhan abad 21.
b.
Kemampuan anak harus berpegang teguh pada kebudayaan yang berlaku yang tidak terpengaruh dengan budaya asing.
c.
Pendidikan harus mewujudkan anak yang memiliki kecerdasan akademik dan non akademik
d.
Pendidikan menjadikan anak memiliki karakter sesuai kultur sosial budaya daerahnya dengan mengedepankan kebutuhan kompetensi masa kini.
e.
Mewujudkan anak yang unggul dalam hal pengusaan teknologi dan pengetahuan masa kini yang semakin canggih.
Question text
Berikut adalah yang termasuk pada fitur LMS adalah
a.
Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur GForm
b.
Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Blog, serta Fitur GForm
c.
Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Blog
d.
Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Video Conference
e.
Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Blog, serta Fitur GForm
Question text
Sistem LMS ini bisa membantu para guru dalam...
a.
Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola nilai, merekapitulasi absensi, membuat transkrip nilai, analisis keberhasilan siswa, berdiskusi dan melakukan kuis.
b.
Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola blog, merekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi, analisis keberhasilan siswa, dan melakukan kuis.
c.
Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola nilai, melakukan absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi, analisis keberhasilan siswa, dan melakukan kuis.
d.
Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola nilai, merekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi, analisis soal test, dan melakukan kuis.
e.
Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola blog, merekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi, analisis soal, dan melakukan kuis.
Question text
Learning Management System (LMS) yang anda ketahui adalah...
a.
Perangkat pembelajaran antara siswa dan guru dalam liingkungan online
b.
Perangkat pembelajaran yang dirancang antara siswa dan guru pada masa pandemi Covid-19
c.
Pembelajaran yang dilakukan dalam lingkungan online dimana interaksi siswa dan guru terjadi
d.
Perangkat lunak pembelajaran yang dilaksanakan oleh sekolah menggunakan internet.
e.
Perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.
Question text
Ki Hadjar Dewantara mengatakan “waspadalah, carilah barang-barang yang bermanfaat untuk kita, yang dapat menambah kekayaan kita dalam hal kultur lahir atau batin. Jangan hanya meniru. Hendaknya barang baru tersebut dilaraskan lebih dahulu”\Maksud dari kata “barang-barang” dari pernyataan KHD adalah …
a.
Sebagai simbol untuk Menolak pengaruh pengaruh dari luar yang masuk ke bangsa Indonesia yang dapat mengganggu perkembangan bangsa dalam mengahadapi kecakapan abad 21.
b.
sebagai simbol dari tersedianya hal-hal yang dapat ditiru, namun selalu menjadi pertimbangan dan memiliki potensi-potensi kultural yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar.
c.
Sebagai simbol untuk Memfasilitasi siswa dalam mencapai kodrat alam dan kodrat zaman.
d.
Sebagai simbol untuk Menggali potensi yang di miliki oleh setiap siswa dalam menuntun perkembangannya dalam berkehidupan bermasyarakat.
e.
Sebagai simbol dalam Memanfaatkan semua potensi yang dimiliki siswa untuk mencapai kehidupan yang bermasyarakat dan berbudaya seluas luasnya.
Question text
Budi pekerti merupakan keselarasan (keseimbangan) hidup antara cipta, rasa, karsa dan karya. Pendidik dapat mengembangkan pembelajaran untuk menstimulus budi pekerti anak melalui kegiatan berikut ini, kecuali …
a.
Guru melibatkan anak untuk berinteraksi dengan peserta didik yang lain dalam sebuah pembelajaran melalui kegiatan diskusi kelompok.
b.
Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengidentifikasi karakter baik dan buruk yang ada di lingkungan masyarakat melalui pengamatan.
c.
Guru melaksanakan pembelajaran yang melibatkan anak untuk mencari informasi terkait pengetahuan dan penanaman nilai-nilai karakter anak.
d.
Guru melakukan penilaian pemahaman anak terkait dengan pengetahuan budi pekerti melalui tes lisan dan tertulis..
e.
Guru dan murid sepakat membuat sebuah peraturan yang mengharuskan siswa bekerja sendiri dalam menyelesaikan tugas individu..
Question text
KHD menyatakan bahwa pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya. Untuk mencapai hal tersebut anak perlu menemukan kemerdekaanya dalam belajar, untuk itu posisi guru di dalam kelas harus bertindak …
a.
Menyusun program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh anak secara menyeluruh sehingga menjadikan anak yang berprestasi.
b.
Menuntun anak untuk menemukan arah dan cara yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan.
c.
Memberikan penghargaan dan hukuman kepada anak melalui kegiatan yang dapat menstimulus anak semangat belajar.
d.
Memastikan pencapaian anak dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan yang di telah ditetapkan sebagai capaian kurikulum.
e.
Melaksanakan evaluasi pembelajaran yang selalu menilai kesesuaian pencapaian prestasi anak ketika belajar.
Question text
Anda sudah menyusun sebuah rencana perubahan dan melakukan Aksi Nyata dengan mengidentifikasi dan mengapresiasi yang terbaik dari apa yang telah ada. Hal ini sesuai dengan pernyataan berikut yaitu …
a.
mengungkap fakta yang positif dari anggota komunitas yang telah dilakukan sekolah.
b.
memusatkan perhatian pada tujuan/ keinginan.
c.
mendorong tindakan dan perubahan nyata.
d.
mengarahkan perhatian ke arah yang positif.
e.
menggunakan pola pendekatan berbasis kekuatan.
Question text
Anda baru saja ditugaskan menjadi seorang Pembina ekskul Pramuka di sekolah. Lewat penyelidikan mandiri, Anda menghadapi tantangan yaitu menurunnya tingkat partisipasi siswa di sekolah terhadap kegiatan Pramuka. Siswa lebih tertarik pada kegiatan lain seperti olahraga dan seni, padahal Pramuka merupakan wahana pembentukan karakter siswa. Menurut Anda, banyak hal yang harus dibenahi pada Ektrakulikuler Pramuka agar kegiatan Kepramukaan bisa menarik minat siswa.
Anda kemudian membuat rencana untuk membantu sekolah menyelesaikan tantangan ini. Dari daftar tindakan di bawah ini, manakah yang menjadi tindakan PERTAMA dalam rencana Anda?
Anda kemudian membuat rencana untuk membantu sekolah menyelesaikan tantangan ini. Dari daftar tindakan di bawah ini, manakah yang menjadi tindakan PERTAMA dalam rencana Anda?
a.
Mengumpulkan data otentik yang menunjukkan bahwa menurunnya partispasi siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka adalah masalah
b.
Memberikan reward kepada siswa yang berpartispasi aktif dalam mengikuti kegiatan Pramuka
c.
meminta pendapat guru-guru untuk menemukan jalan keluar permasalahan mengenai menurunnya partispasi siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka
d.
membuat peraturan dan kebijakan berkaitan dengan persoalan menurunnya partispasi siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka
e.
Membuat promosi melalui poster-poster mengenai kegiatan-kegiatan yang ada dalam Ekstrakulikuler Pramuka
Question text
Berikut ini merupakan penerapan disiplin positif yang paling tepat adalah…
a.
Pak Rudi selalu hadir tepat waktu di sekolah karena mendapatkan penghargaan guru berprestasi di sekolahnya serta yakin bahwa tindakannya sebagai pemimpin pembelajaran akan jadi panutan di lingkungan sekolahnya.
b.
Ibu Wati selalu hadir tepat waktu di sekolah karena ingin berusaha menjadi orang yang bertanggung jawab serta menghargai dirinya sebagai teladan bagi murid-murid Anda.
c.
Ibu Kokom selalu hadir tepat waktu di sekolah karena ingin memberikan teladan yang baik untuk peserta didiknya dan agar terhindar dari teguran kepala sekolah.
d.
Pak Budi selalu hadir tepat waktu di sekolah karena menjadi guru yang berprestasi dan untuk menghindari teguran yang biasanya diberikan oleh kepala sekolah.
e.
Ibu Rahma selalu hadir tepat waktu di sekolah karena ingin menghindari ketidaknyamanan atau hukuman dan ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
Question text
Anda telah melakukan ko-kreasi kesuksesan masa depan mereka secara kontekstual melalui langkah-langkah dalam BAGJA dengan beranjak dari cara berpikir defisit ke cara berpikir aset, menjadi tangguh-pantang menyerah, dan terus meningkatkan efikasi diri dalam memimpin dan mengelola perubahan. Langkahnya yaitu mendefinisikan sekolahnya di masa depan menjadi sekolah yang ramah sampah dan dapat memanfaatkannya dengan baik, serta warga sekolah mempunyai kemampuan untuk melakukan itu semua.
Langkah ini merupakan langkah :
Langkah ini merupakan langkah :
a.
Jabarkan Rencana
b.
Buat Pertanyaan
c.
Ambil Pelajaran
d.
Atur Eksekusi
e.
Gali Mimpi
Question text
Manakah dari pernyataan berikut yang bukan kritik terhadap konsep andragogi oleh Knowles
1. Asumsi tentang pembelajar dewasa yang dikemukakan Knowles tidak memiliki dasar empiris
2. Individu pembelajar dewasa dan proses belajarnya terikat pada konteks sosial, politik, ekonomi, dan sejarahnya
3. Pengabaikan hubungan antara individu dengan masyarakat dan privilase serta ketertindasan berbasis ras, gender dan kelas sosial yang memengaruhi proses pembelajaran
4. Pengandaian bahwa setiap manusia dan konteks budaya menghargai ideologi dan nilai-nilai seperti individualisme, realisasi diri, kemerdekaan, dan pengarahan diri sendiri
5. Konsep andragogi Knowles gagal untuk menguji secara kritis masyarakat dan organisasi sosial yang ada dan bahwa konsepnya tentang POD tidak menantang status quo dan norma serta nilai kelas menengah di Amerika Serikat
1. Asumsi tentang pembelajar dewasa yang dikemukakan Knowles tidak memiliki dasar empiris
2. Individu pembelajar dewasa dan proses belajarnya terikat pada konteks sosial, politik, ekonomi, dan sejarahnya
3. Pengabaikan hubungan antara individu dengan masyarakat dan privilase serta ketertindasan berbasis ras, gender dan kelas sosial yang memengaruhi proses pembelajaran
4. Pengandaian bahwa setiap manusia dan konteks budaya menghargai ideologi dan nilai-nilai seperti individualisme, realisasi diri, kemerdekaan, dan pengarahan diri sendiri
5. Konsep andragogi Knowles gagal untuk menguji secara kritis masyarakat dan organisasi sosial yang ada dan bahwa konsepnya tentang POD tidak menantang status quo dan norma serta nilai kelas menengah di Amerika Serikat
a.
4
b.
3
c.
1
d.
5
e.
2
Question text
Learning Management System yang sering digunakan di pembelajaran...
a.
Moodle, Schology, Google Classroom, Library
b.
Moodle, Website, Google Classroom, Blackboard
c.
Moodle, Schology, Google Classroom, Wiki
d.
Moodle, Schology, Yahoo Classroom, Blackboard
e.
Moodle, Schology, Google Classroom, Blackboard
Question text
Pada tahun berapa Malcom Knowles memperkenalkan konsep andragogi melalui bukunya The Modern Practice of Adult Education: Andragogy vs Pedagogy [Praktik Modern Pendidikan Orang Dewasa: Andragogi vs Pedagogi] sehingga konsep tersebut dikenal di Amerika Serikat
a.
1970
b.
1930
c.
1970
d.
1960
e.
1940
Question text
Berikut ini merupakan beberapa ciri fasilitator yang baik, kecuali……
a.
Sensitifitas/ empati yang tinggi
b.
Mampu mengelola konflik
c.
Menjadikan peserta sahabat
d.
Memiliki keterbukaan
e.
Selalu mampu menjawab pertanyaan
Question text
Sebagai seorang guru penggerak, Anda diharapkan mampu berdaya dalam menuntun rekan sejawat dalam meningkatkan kompetensinya. Menurut Anda, rencana yang paling tepat untuk mewujudkan hal tersebut adalah?
a.
melakukan refleksi dan berbagi pengalaman praktik profesionalnya
b.
memberikan arahan dan refleksi dari praktik profesionalnya
c.
memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi rekan sejawat
d.
melakukan evaluasi proses terkait pembelajaran yang dilakukan
e.
mengadakan dialog dengan rekan sejawat untuk menumbuhkan budaya belajar
Question text
Anda memahami bahwa budaya positif di sekolah memberikan manfaat yang penting dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid.
Anda berencana melakukan tindak lanjut dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda. Cermati pilihan rencana tindak lanjut berikut.
1) melakukan kolaborasi yang baik dengan rekan sejawat dalam membuat program-program kebajikan universal
2) melakukan kolaborasi yang baik dengan Kepala Sekolah dalam membuat peraturan dan konsekuensi yang disepakati murid
3) berbagi pengalaman dan pembelajaran selama mempraktikkan aksi nyata budaya positif di kelas
5) membuat program keyakinan kelas di sekolah secara mandiri
Menurut Anda, rencana mana yang baik dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda?
Anda berencana melakukan tindak lanjut dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda. Cermati pilihan rencana tindak lanjut berikut.
1) melakukan kolaborasi yang baik dengan rekan sejawat dalam membuat program-program kebajikan universal
2) melakukan kolaborasi yang baik dengan Kepala Sekolah dalam membuat peraturan dan konsekuensi yang disepakati murid
3) berbagi pengalaman dan pembelajaran selama mempraktikkan aksi nyata budaya positif di kelas
5) membuat program keyakinan kelas di sekolah secara mandiri
Menurut Anda, rencana mana yang baik dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda?
a.
2 dan 3
b.
1 dan 3
c.
1 dan 4
d.
1 dan 2
e.
2 dan 4
Question text
Sisi kedua dari segitiga restitusi adalah validasi tindakan yang salah. Setiap tindakan kita dilakukan dengan suatu tujuan, yaitu memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini adalah kalimat yang mungkin dapat dikatakan untuk memvalidasi kebutuhan anak:
1) “Apa nilai-nilai umum yang kita telah sepakati?”
2) “Apakah kamu sedang menjadi teman yang baik buat dirimu sendiri?”
3) “Kamu patut bangga pada dirimu sendiri karena kamu telah melindungi sesuatu yang penting buatmu”.
4) “Kamu boleh mempertahankan sikap itu, tapi kamu harus menambahkan sikap yang baru.”
Kalimat mana yang paling tepat Anda pilih, agar bisa memvalidasi kebutuhan mereka?
1) “Apa nilai-nilai umum yang kita telah sepakati?”
2) “Apakah kamu sedang menjadi teman yang baik buat dirimu sendiri?”
3) “Kamu patut bangga pada dirimu sendiri karena kamu telah melindungi sesuatu yang penting buatmu”.
4) “Kamu boleh mempertahankan sikap itu, tapi kamu harus menambahkan sikap yang baru.”
Kalimat mana yang paling tepat Anda pilih, agar bisa memvalidasi kebutuhan mereka?
a.
1 dan 4
b.
2 dan 4
c.
1 dan 2
d.
3 dan 4
e.
2 dan 3
Question text
Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah berkebhinekaan global. Berikut manakah pernyataan di bawah ini yang termasuk ke dalam berkebhinekaan global…
a.
Murid mampu menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut.
b.
Murid mampu berinteraksi secara positif antar sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pengembangan dirinya.
c.
Murid mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak untuk mengatasi berbagai persoalan baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk lingkungan di sekitarnya.
d.
Murid mampu berkolaborasi dengan orang lain dan secara proaktif mengupayakan pencapaian kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang yang ada dalam masyarakatnya.
Question text
Berikut adalah yang bukan merupakan kelebihan LMS adalah...
a.
Satu-satunya pembelajaran online selama pandemi COVID-19
b.
Biaya untuk menggunakan LMS lebih murah dibandingkan proses pembelajaran tatap muka.
c.
Memudahkan aktifitas kuliah seperti Quiz, tugas, upload materi, interactive discussion
d.
Pembelajaran yang dirancang dengan fleksibel tanpa terbatas waktu dan ruang yang diakses dengan mudah.
e.
Waktu pembelajaran jadi lebih efisien karena pembelajaran online dapat diakses di mana saja dan kapan saja.
Komentar
Posting Komentar