Eksplorasi konsep modul 1.2

 

Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

jawab : 

nilai yang paling dominan yang telah membantu saya dalam melayani murid saya lebih baik adalah Nilai Mandiri, nilai mandiri ini secara sederhana menggambarkan semangat Guru untuk terus belajar sepanjang hayat. Ini juga berarti seorang Guru Penggerak harus senantiasa memampukan dirinya sendiri dalam melakukan aksi serta berkenan mengambil tanggung jawab dan turun tangan untuk memulai perubahan. Contohnya saya mengikuti pelatihan online (youtube, telegram, ruang guru, protal guru belajar dan berbagi, zenius dll) untuk meningkatkan kompetensi saya sehingga saya dapat menerapkan ilmu yang saya dapat dalam pembelajaran di kelas

Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

jawab :

10 kegiatan di sekolah sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)

1.     Membuat kesepakatan kelas saat proses pembelajaran

2.     Merencanakan dan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid

3.     Membuat media pembelajaran

4.     Melakukan dan mengajak murid untuk refleksi pembelajaran

5.     Bekerja sama dengan guru lain dalam kegiatan sekolah, seperti kegiatan isra miraj, 17 agustus, hut tanjabbar dll

6.     Bersama – sama mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi murid di sekolah

7.     Gotong royong antar guru dan murid

8.      Kegiatan rutin setiap pekan yakni upacara bendera setiap senin pagi dan sholat dhuha setiap jumat pagi

9.     Mendampingi anak dalam kegiatan pramuka

10.  Aktif dalam kegiatan PGRI kecamatan dan MGMP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ESSAY SIKAP BELA NEGARA PADA GENERASI MUDA

Essay Pudarnya Pesona Bahasa Indonesia di Kalangan Pemuda Indonesia