aksi nyata modul 2.2

 by EKA ROMIATI - 

1. peristiwa. 

 Dalam berbagi pengalaman dengan beberapa rekan guru, mereka tampak antusias dalam memperoleh informasi baru mengenai pembelajaran sosial dan emosional. Sebelumnya praktik penerapan PSE telah diterapkan secara tidak langsung di dalam kelas saat proses pembelajaran, hanya saja belum terintegrasi dengan RPP. Pada kesempatan ini saya mencoba untuk memaparkan materi KSE yang harus dimiliki guru dan siswa beserta teknik KSE dengan menggunakan kesadaran penuh (mindfulness)

2. Perasaan
Saat kegiatan tersebut, ada rasa kekhawatiran pada diri saya sehubungan dengan apakah saya mampu untuk memberikan konsep dasar tentang pembelajaran kesadaran sosial dan emosional kepada rekan guru disekolah. namun, saya tetap optimis dalam kegiatan ini dengan harapan guru-guru disekolah saya dapat memahami PSE sehingga dapat diterapkan dalam keseharian.

3. Pembelajaran
hal yang bermanfaat dari proses tersebut adalah dengan kegiatan berbagi maka informasi dengan mudah tersampaikan, tidak hanya untuk diri sendiri saja, namun rekan guru disekolah dapat mengetahui konsep pembelajaran sosial dan emosional. Guru - guru mulai menyadari pentingnya PSE dalam kegiatan pembelajaran sehingga sedikit demi sedikit mulai menerapkannya

4. Pembelajaran
Umpan balik yang saya terima adalah guru-guru mulai mencoba mempraktikkan secara langsung teknik kesadaran penuh untuk mewujudkan KSE pada siswa

5. Penerapan
Hal yang ingin saya perbaiki / tingkatkan agar berdampak lebih luas adalah membagikan pemahaman pembelajaran sosial dan emosional tidak hanya pada guru disekolah saja, namun juga pada siswa sehingga terciptaknya peserta didik yang memiliki kesadaran penuh dalam berperilaku dan manajemen diri dalam pengelolaan emosi dan pikiran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ESSAY SIKAP BELA NEGARA PADA GENERASI MUDA

Essay Pudarnya Pesona Bahasa Indonesia di Kalangan Pemuda Indonesia