eksplorasi konsep modul 3.3

 

3. Kepemimpinan Murid dan Profil Pelajar Pancasila


Sumber gambar: https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/


Di dalam modul 1.2, Ibu/Bapak sudah belajar bahwa Profil Pelajar Pancasila sebenarnya adalah visi dan harapan Indonesia untuk karakter warganya di masa mendatang, sehingga seharusnya menjadi landasan bagi visi sekolah. Upaya menumbuhkembangkan kepemimpinan murid akan  menyediakan kesempatan bagi murid untuk mengembangkan profil positif dirinya, yang kemudian diharapkan dapat  mewujud sebagai pengejawantahan profil pelajar Pancasila dalam dirinya.

Jika kita telaah lebih lanjut, dengan menumbuhkembangkan kepemimpinan murid maka secara bersamaan kita sebenarnya juga sedang membangun karakter murid yang:

Contoh Program atau Kegiatan Sekolah

Untuk lebih memperdalam pemahaman Ibu/Bapak terkait dengan elemen suara, pilihan, dan kepemilikan, serta kaitan antara kepemimpinan murid dengan Profil Pelajar Pancasila, silahkan Ibu/Bapak lihat beberapa contoh program atau kegiatan sekolah yang disajikan dalam narasi situasi dan video berikut ini. Setelah membaca dan menonton, Ibu/Bapak akan kami minta untuk melakukan refleksi. 

Scroll navigasi layar dan Klik pada navigasi slide di bawah ini untuk melihat beberapa situasi dan video. 


Setelah melihat contoh-contoh di atas, kami yakin Ibu/Bapak telah mulai dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan kepemimpinan murid dan pentingnya mempertimbangkan aspek suara, pilihan, dan kepemilikan murid dalam menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

Kepemimpinan Murid

Bapak/Ibu CGP dapat mempelajari dan mengunduh materi Kepemimpinan pada murid berikut ini.



Bahan Bacaan ini dapat Bapak/Ibu Unduh dan dibaca secara mandiri.

Lingkungan yang Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid

Selamat, Anda telah menyelesaikan pembelajaran untuk tahapan ini.

Sekarang, untuk persiapan tahapan pembelajaran selanjutnya, kami ingin Ibu/Bapak  meluangkan waktu untuk membaca materi tentang  ‘Lingkungan yang Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid’ dan ‘Peran Keterlibatan Komunitas dalam Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid’ di bawah ini. Materi ini akan menjadi dasar bagi bagi Ibu/Bapak saat berdiskusi di Forum Diskusi saat pembelajaran 3 nanti.

Bahan Bacaan ini dapat Bapak/Ibu Unduh dan dibaca secara mandiri.

Peran Keterlibatan Komunitas dalam Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid.

Bahan Bacaan

Silahkan Anda cermati bahan bacaan berikut ini.



Bahan Bacaan ini dapat Bapak/Ibu Unduh dan dibaca secara mandiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ESSAY SIKAP BELA NEGARA PADA GENERASI MUDA

Essay Pudarnya Pesona Bahasa Indonesia di Kalangan Pemuda Indonesia