Kesadaran Penuh (mindfulness)
C. Kesadaran Penuh (mindfulness) sebagai dasar penguatan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional
D. Implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah
Bapak/Ibu CGP, seperti kita pelajari sebelumnya, Pembelajaran Sosial dan Emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah yang memungkinkan anak dan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai 5 Kompetensi Sosial dan Emosional.
Mulai dari pengajaran secara eksplisit di kelas hingga kemitraan dengan keluarga dan komunitas untuk terus mengupayakan proses kolaboratif dan berkelanjutan. Indikator penerapan KSE dapat dilihat dalam tabel di bawah ini:
KELAS | Pengajaran eksplisit: Pembelajaran akademik yang terintegrasi KSE: Pelibatan dan Suara murid: |
SEKOLAH | Iklim kelas dan sekolah yang mendukung: Berfokus pada KSE pendidik dan tenaga kependidikan (PTK): Kebijakan yang mendukung: Dukungan terintegrasi yang berkelanjutan: |
KELUARGA & KOMUNITAS | Pelibatan kemitraan dengan orangtua: Kemitraan dengan komunitas: Terbentuk sistem dalam upaya peningkatan berkelanjutan: |
Tabel di atas menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran sosial dan emosional bukan hanya mencakup ruang lingkup kelas dan sekolah, namun juga melibatkan keluarga dan komunitas. Hal ini sejalan dengan prinsip pendidikan Tri Sentra (Tiga Pusat Pendidikan) salah satu gagasan Ki Hajar Dewantara yang menerangkan bahwa pendidikan harus berlangsung di tiga lingkungan yaitu, keluarga, sekolah, dan masyarakat. Dengan kolaborasi dan gotong royong, keluarga, sekolah, dan komunitas bersama-sama mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan psikologis murid-murid kita.
Dalam modul 2.2 ini, kita secara khusus membahas 4 indikator pembelajaran sosial dan emosional yang berkaitan dengan kelas dan sekolah, yaitu:
- Pengajaran eksplisit
- Integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik
- Penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah
- Penguatan KSE pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah
Selanjutnya kita akan membahas tiap indikator dan contoh penerapannya.
Refleksi D.1a. Kesadaran diri
Berikut adalah contoh RPP untuk menggambarkan pengajaran eksplisit 5 KSE. Silahkan cermati dan berikan refleksi Anda setelah mempelajari RPP tersebut.
D.1a. Kesadaran diri
Refleksi D.1a:
Berikut adalah contoh RPP untuk menggambarkan pengajaran eksplisit 5 KSE. Silahkan cermati dan berikan refleksi Anda setelah mempelajari RPP tersebut.
Refleksi D.1a:
Komentar
Posting Komentar