Mulai dari Diri - Modul 2.1

 Pertanyaan Pemantik untuk Pembelajaran 1:

  1. Bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya  yang berbeda-beda?

 

Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di Sesi Pembelajaran yang Pertama! Untuk mengawali pembelajaran di Modul 2.1 ini,  Anda akan melakukan refleksi individu.


Membuat Refleksi Individu

  • Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda.
  • Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan?  Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?
  • Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?
  • Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?
  • Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? 

saya membuat catatan sebelum mengajar karena terkadang bahasa buku masih sulit untuk dipahami lalu saya menyampaikannya dengan bahasa siswa

membuat yel yel kelas

mengisi pembelajaran dengan ice breaking

  • Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan?  Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?

ada, jika ada anak yang belum paham suatu materi, saya membimbingannya lebih intens, jika ada beberapa anak yang belum paham, saya meminta siswa yang sudah paham untuk mengajari teman yang belum mengerti

dampaknya, siswa merasa terbantu untuk mempelajari suatu materi dan tidak merasa ketertinggalan

  • Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut?

keragaman tingkat pemahaman, ada yang mudah mengerti dalam sekali penjelasan, ada yang butuh 2x penjelasan, ada yang butuh beberapa kali penjelasan

  • Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?

saya membantunya lebih intens, terkadang saya meminta bantuan pada siswa yang sudah paham untuk mengajari teman yang belum paham

  • Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?

membuat RPP sesuai dengan kebutuhan kelas
lalu dievaluasi untuk keberlanjutannya 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ESSAY SIKAP BELA NEGARA PADA GENERASI MUDA

Essay Pudarnya Pesona Bahasa Indonesia di Kalangan Pemuda Indonesia