Mulai Dari Diri - Modul 3.3

 Saat Ibu/Bapak bersekolah dulu, Ibu/Bapak tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.

Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.

Refleksi

Nah, sekarang kami ingin Ibu/Bapak mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman Ibu/Bapak yang paling berkesan saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Apa kegiatan/programnya?
  2. Siapa yang memprakarsai atau menggagas program tersebut?
  3. Berperan sebagai apa Ibu/Bapak saat itu?
  4. Bagaimana perasaan Ibu/Bapak saat itu?
  5. Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Ibu/Bapak?
  6. Apa pembelajaran yang Ibu/Bapak ambil dari kegiatan/ program tersebut?
  7. Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang? Apakah berdampak positif atau negatif?



    Silahkan tuliskan jawaban Anda pada kolom NOTES yang ada dibagian YOUR NOTES AND QUESTIONS!

    *) Anda juga disilakan untuk memberikan komentar terhadap jawaban yang dikirimkan oleh peserta lain, dengan meng-klik tombol Reply pada jawabannya.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    ESSAY SIKAP BELA NEGARA PADA GENERASI MUDA

    Essay Pudarnya Pesona Bahasa Indonesia di Kalangan Pemuda Indonesia